KARPET MASJID

Lelang Karpet Masjid Indonesia

Lelang Karpet Masjid

Lelang karpet masjid

Lelang Karpet Masjid

Foto : http://www.republika.co.id

Program Beramal di kotak masjid memang hal yang paling lazim yang biasa dilakukan pengurus masjid. Hampir semua diseluruh Pelosok tanah air memakai metode Kotak Amal Jariyah Masjid sebagai cara yang ampuh untuk mendapatkan dana yang akan digunakan untuk pembangunan, maupun pengadaan sarana dan prasarana masjid. Salah satunya adalah pengadaan karpet masjid.

Namun, sebenarnya banyak jalan menuju Roma. Saat ini banyak masjid yang menerapkan sistem lelang dalam pengadaan karpet masjidnya. Salah satunya yaitu dengan cara Lelang Karpet Masjid.

Apa itu Lelang?

Lelang dalam arti sebenarnya adalah proses membeli dan menjual barang atau jasa dengan cara menawarkan kepada penawar, menawarkan tawaran harga lebih tinggi, dan kemudian menjual barang kepada penawar harga tertinggi. Tapi dalam Lelang Karpet Masjid ini, yang ditawarkan adalah Jumlah Luas Karpet atau bisa juga Jumlah Uangnya yang akan disumbang oleh Jamaah, dengan harapan akan mendapatkan pahala amal jariyah yang akan mengalir terus dari Allah SWT yang maha Kaya. Seperti dalam Hadits berikut :

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Baca selengkapnya di: http://media-islam.or.id/2012/01/25/3-amal-yang-pahalanya-tidak-terputus/

Dari pengamatan kami ketika memasang Karpet di beberapa Masjid yang menerapkan sistem lelang ini, sungguh diluar dugaan. Contoh : Pemasangan Karpet Masjid Al-Muhajiirin, Komplek Perum Pulogebang Permai, Jakarta Timur.

Pada awalnya pengurus masjid kurang optimis karena takut membebankan Jamaah karena seolah-olah memaksa agar beramal. Namun, setelah mendapatkan masukkan dari Ketua DKMnya akhirnya Pengurus jadi 100% Optimis dengan cara ini.

Kita bukan membebankan Jamaah, tapi justru memberikan kesempatan kepada jamaah untuk beramal. Kita berikan saja samplenya 3 shaf di depan, nanti biar Jamaah yang memutuskan. Tutur Ketua DKM nya Bpk. H. Lukman.

Alhasil dalam kurun waktu 3 Minggu, seluruh sudut ruangan sudah terpasang Karpet Masjid Custom Design.

Karpet Terpasang Jamaah Senang

Tips untuk Lelang Karpet Masjid

Sumber Foto : http://jakarta.kompasiana.com/fasilitas-umum/2013/12/04/wakaf-karpet-indahnya-tempat-sujud-kami-616299.html

Sumber Foto : http://jakarta.kompasiana.com/fasilitas-umum/2013/12/04/wakaf-karpet-indahnya-tempat-sujud-kami-616299.html

  1. Berniat untuk Ibadah, segala sesuatu yang dilakukan dengan ikhlas karena Allah pasti akan dimudahkan jalannya.
  2. Pilihlah Karpet Masjid yang berkualitas, karena untuk kenyamanan Seluruh Jamaah.
  3. Apabila Budget terbatas, Lebih baik pesan 1 atau 2 shaf di bagian depan, untuk contoh kepada Jamaah, sehingga jamaah tidak ragu dalam memberikan Infaq/Shodaqohnya
  4. Sosialisasi kepada Jamaah dengan mengumumkan pada saat Shalat Jumat
  5. Membuat Brosur dan Banner untuk dipasang di Depan Masjid atau ditempat2 strategis

Mudah-mudahan dengan Artikel ini, bisa membantu Pengurus Masjid dalam mendapatkan dana dengan cepat untuk pengadaan Karpet Masjid atau Sarana dan Prasarana Masjid lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat