KARPET MASJID

karpet masjid turki dan sejarahnya

Tak hanya tercatat sebagai salah satu negara yang populer dengan keindahaan alam, wisata religi, dan kebudayaan yang kental, Turki  juga dikenal dunia karena kualitas karpet ataupun permadaninya.

Sebagai barang rumah tangga, karpet Turki dibuat sejak pertengahan abad ke 13. Bagi masyarakat Turki, karpet adalah barang yang wajib dimiliki setiap rumah untuk menutupi lantai, bahkan pintu untuk menghangatkan dari cuaca dingin yang ekstrem.

Selain itu karpet juga dapat digunakan sebagai hiasan dinding dan lantai. Karpet dengan ukuran lebih kecil digunakan sebagai sajadah atau alas shalat. Saking lekatnya dengan tradisi kebudayaan Turki, karpet menjadi simbol ikatan keluarga dan hadiah saat pernikahan.

Ada dua hal utama yang membuat karpet asal Turki begitu populer dan selalu diburu banyak orang. Yang pertama karena keawetannya dan karena kecantikan motifnya. Karpet Turki biasanya terbuat dari benang sutera, wol, ataupun kapas. Dalam pembuatannya, ada yang menggunakan mesin, ada pula yang buatan tangan. Untuk satu karpet kecil buatan tangan, pengerjaannya bisa memakan waktu tiga bulan hingga satu tahun.

Tak heran jika harga karpet handmade bisa jadi sangat mahal. Kualitas karpet Turki juga ditentukan dari knot per square inch pada karpet, yaitu jumlah titik simpul. Semakin padat jumlah simpulnya, maka semakin bagus kualitas karpet tersebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat